Sabtu, 27 Mei 2017

Hasil Produk Kerajinan Bahan Keras dari Semen

Kebanyakan dari Anda mengenal semen sebagai bahan untuk bangunan. Namun pernahkah terpikir membuat berbagai produk kreatif dari olahan semen? Apalagi jika idenya unik, produk tersebut akan memiliki nilai jual.
Berikut lima ide bisnis berupa kreasi dari semen yang bisa laku keras di Indonesia!
1. Pot bunga

Sebenarnya pot ini dibuat dengan cara sederhana. Caranya adalah dengan menumpuk pot-pot kecil hingga menjadi tinggi. Namun saat masih berada di cetakan, lubangi cetakan kecil di tengah. Dari cetakan paling atas sampai cetakan yang terbawah. Fungsi lubang tersebut adalah wadah semen untuk menyambung antar cetakan hingga kokoh berdiri. Kalau sudah kering, coba hias pot dengan cat warna-warni.

2. Tas antik dari kertas atau sak semen

Gak hanya semen, wadah kertas atau sak semen juga bisa dibuat kreasi. Cara pembuatannya adalah dengan mencelupkan kertas semen yang sudah dibersihkan ke dalam air mendidih. Air mendidih tersebut diberi pewarna sesuai dengan yang dikehendaki. Begitu selesai, sak semen yang dikeringkan lalu disetrika. Pada posisi ini, sak semen sudah seperti kain yang tinggal dijahit sebagai tas atau dompet. Ada satu keunggulan khusus bahan daur ulang sak semen ini, yaitu sifatnya yang tahan air.

3. Kerajinan patung gypsum
Prinsip pembuatannya masih menggunakan cetakan. Hanya saja Anda bisa menggunakan bahan semen putih atau yang kerap disebut gypsum. Tinggal bentuk cetakan sesuai dengan apa yang diinginkan. Begitu selesai, Anda bisa mempercantiknya dengan cat semen dan politur. Tujuannya agar patung terlihat halus dan berkilau.

4. Kerajinan pemandangan dalam gentong

Cara membuat kerajinan ini tampak rumit karena Anda bermain dengan detail. Pertama, adalah membuat lapisan dasar kontur tanah dari pemandangan yang akan dibuat dalam gentong. Pembuatannya menggunakan semen agar gentong menjadi semakin kuat dan tidak mudah retak. Setelah itu, kita tempelkan aksesoris atau ornamen ke dalam spot yang sudah disiapkan sebelumnya. Anda bisa memanfaatkan semen untuk menempelkannya, baru kemudian dipercantik dengan cat dan politur.

5. Miniatur bentang alam

Prinsip pembuatannya sama dengan kerajinan pemandangan dalam gentong. Hanya saja kita tidak menggunakan media pembatas berupa gentong. Lebih cantik lagi kalau bermain desain bentang alam berupa air terjun. Anda bisa menanam pompa air ke dalam bangunan bentang alam dan melengkapinya dengan selang yang mengalir ke atas. Tambahkan juga aksesoris berupa dedaunan atau tanaman plastik kecil untuk memberi kesan asri.

Begitu banyak kreasi dari bahan semen yang bisa kita buat, apalagi jika menggunakan semen berkualitas seperti Semen Gresik. Harga jual kreasi juga bisa dibuat bervariasi, mulai dari belasan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung bagaimana tingkat kerumitan pembuatannya.


Sumber http://keluargakokoh.com/read/2016/08/21/189/Laris_Manis!_5_Kreasi_dari_Semen_Ini_Bisa_Laku_Keras_untuk_Bisnis_di_Indonesia!


EmoticonEmoticon